MEMBANGUN DESA DIDALAM INDAHNYA PERBEDAAN, KITA MAJU KITA KUAT CENGKONG BERSINAR BANDUNG TERCIPTA SAAT TUHAN SEDANG TERSENYUM, CENGKONG TERCIPTA SAAT TUHAN SEDANG BERBAHAGIA

Artikel

MENANAM RUMPUT VETIVER BERSAMA FORKOPIMCAM PARENGAN

25 Maret 2022 16:00:08  Cengkong Bersinar  253 Kali Dibaca  Berita Desa

CENGKONG- Banjir dan tanah longsor masih menjadi momok yang menakutkan bagi warga Desa Cengkong khususnya yang berada di dekat aliran kali kening, dimana setiap tahunnya tak sedikit tanah yang terkikis oleh derasnya arus sungai memicu terjadinya tanah longsor.

Masalah Kewenangan menjadi problematika Desa, dimana sepanjang bantaran kali kening adalah bukan merupakan wilayah kewenangan Desa, sehingga Desa kesulitan untuk melakukan Penanganan. Sering sekali Desa melakukan permohonan bantuan Bronjong kepada Pemerintah Daerah melalui DU RKP namun sampai saat ini belum bisa direalisasi dengan alasan terbentur masalah kewenangan. Padahal apabila masalah longsor tidak segera ditangani, akan mengisolir 2 RT yang mana keduanya dilingkari oleh aliran kali kening. 

Untuk meminimalisir terjadinya tanah longsor pada Jumat, 25 Maret 2022 Pemerintah Desa Cengkong bersama Forkopimcam Parengan, relawan Tagana, dan sejumlah Organisasi Pencak Silat PSHT dan Marguluyu mengadakan Kegiatan penanaman Rumput Vetiver di sepanjang bantaran sungai kening. Seperti yang sudah dilaksanakan Mas Bupati Tuban Aditya Halindra yang juga pernah ikut berperan serta menanam rumput vetiver di Desa Cengkong pada Selasa 21 Desember 2021, ( http://www.cengkong-parengan.desa.id/artikel/2021/12/21/bupati-tuban ).

Kepala Desa Cengkong mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan penanaman ini, diharapkan nantinya ini akan mengurangi erosi kali kening karena daya cengkram rumput yang kuat pada tanah, dan juga semoga kegiatan ini bisa diikuti oleh desa yang lain khususnya desa yang dialiri sungai kali kening, untuk bibit rumputnya bisa didapat dari Taman Siaga Bencana Desa Cengkong, disana terdapat penangkarannya yang sudah berkembang cukup banyak.

Danramil Parengan menegaskan kepada anggotanya untuk merawat dan menjaga rumput yang telah ditanam hari ini agar tumbuh subur dan berkembang lebih banyak lagi.

Semoga kegiatan penanaman rumput vetiver ini bermanfaat bagi kita dan anak cucu kita di Desa Cengkong kelak.

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Statistik Penduduk

Agenda

Belum ada agenda

Arsip Artikel

08 Juni 2022 | 669 Kali
PERSYARATAN MENGURUS ADMINISTRASI PERNIKAHAN KABUPATEN TUBAN
24 Mei 2022 | 597 Kali
MENGENAL E-PBB DAN E-LAYANAN, INOVASI BARU APLIKASI PERPAJAKAN KABUPATEN TUBAN
20 April 2014 | 409 Kali
Wisata Desa
29 Juli 2013 | 407 Kali
Badan Permusyawaratan Desa
30 April 2014 | 393 Kali
RT RW
30 April 2014 | 383 Kali
LINMAS
30 April 2014 | 380 Kali
Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa

Sinergi Program

Tuban Satu Data
Pengaduan Layanan Publik
Tuban Satu Data
JDIH Kabupaten Tuban
Indeks Desa Membangun

Komentar Terbaru

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:45
    Kemarin:220
    Total Pengunjung:75.159
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.211.239.1
    Browser:Tidak ditemukan