16 Mei 2019 12:54:05
Ditulis oleh Admin

Ikan Asap Mbak Mur Cengkong

cengkong-parengan.desa.id - Kamis (16/05/2019) Ikan Asap Mbak Mur Cengkong.

             Kabupaten Tuban menjadi salah satu daerah yang berada di pesisir pantai utara Pulau Jawa. Usaha hasil olahan ikan banyak dilakukan oleh warga Kabupaten Tuban. Salah satunya adalah usaha olahan ikan asap Mbak Mur di Desa Cengkong Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban. Walaupun letaknya jauh hasil olahan ikan di desa Cengkong tidak kalah ramai dengan daerah yang dekat pesisir pantai Tuban.

            Ikan Asap milik Mbak Mur ini cukup familiar di telinga para pedagang ikan di Pasar Bojonegoro, Singgahan, Parengan, Brangkal dan sekitarnya. Meskipun terletak didaerah yang jauh dari kota Tuban, namun usaha ikan asap Mbak Mur ini selalu laku keras di pasaran, khususnya pasar kota Bojonegoro.

             Bagi calon pembeli yang belum pernah mampir di tempat usaha ikan asap Mbak Mur mungkin akan kesulitan mencari lokasinya. Papan nama usaha pun tidak terpasang di depan rumah produksi ikan asap ini. Merk dagang pada kemasan ikan asapnya pun belum ada.  Rasanya yang mantap membuat calon pembeli  cukup datang ke Pasar Kota Bojonegoro, Parengan, Brangkal atau Singgahan dan menanyakan dimana tempat jualan ikan asap Mbak Mur Cengkong, maka akan segera mendapatkan lokasinya.

            Lebih lanjut, Mbak Mur memulai usahanya dengan berjualan sendiri di rumah. Ia merintis usaha jualan ikan asap mulai dari membakar sendiri dan menjualnya dengan berjalan kaki. Kualitas ikan asapnya yang mantap, membuat dagangan mbak Mur laris manis dan berkembang pesat. Saat ini dagangan ikan asap Mbak Mur sudah masuk di lima pasar wilayah Tuban dan Bojonegoro.

            Mbak Mur menekuni usaha ini sejak 30 tahun yang lalu. Setiap hari ia menyiapkan sendiri bahan ikan atau ikan pilihan yang akan dibakar. Setelah itu kayawannya yang berjumlah empat orang mulai membakar ikan tersebut. Dalam sehari, Mbak Mur membakar kurang lebih lima kwintal ikan segar untuk diasap. Omzet perhari mencapai Rp 6.000.000,-. (syr/ckg).

 



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus