23 Agustus 2019 14:28:14
Ditulis oleh Admin

Wilayah Desa

cengkong-parengan.desa.id - Jumat(23/08/2019) Wilayah Desa Cengkong

  1. GAMBARAN UMUM DESA
    1. Kondisi Geografis

Desa Cengkong masuk wilayah Kecamatan Parengan dengan luas wilayah Desa Cengkong 1.626.848 m2. Kepadatan penduduk sudah mencapai 2.197 jiwa penduduk tetap. Letak Geografis Desa Cengkong berada di wilayah Kabupaten Tuban.

Keseharian masyarakat desa Cengkong adalah bercocok tanam, bertani, buruh tani, berternak (sapi, kambing), perikanan,  bangunan, buruh bangunan, berdagang dan lainnya. Mengingat keadaan wilayah desa Cengkong persawahan.

Masyarakat umumnya aktif mengolah lahan pertanian dengan menanam Padi menggunakan cara yang sederhana dan konvensional. Hasil panen belum seutuhnya menemukan harga yang sebanding dengan pekerjaan tersebut. Kendalanya yang utama adalah naik turunnya harga perdagangan tanaman  Padi dan serangan hama wereng, ingser, sundep, tikus, banjir, dll dan juga pada saat panen raya, sering turun drastis sementara harga tinggi kadang-kadang tidak mampu bertahan lama sehingga banyak yang belum sempat menjual sudah turun harga lagi.

Jarak tempuh ke Ibukota Kecamatan sejauh 5 kilometer dengan lama tempuh sekitar 10 menit. Jarak tempuh ke Ibu Kota Kabupaten Tuban sejauh 60 kilometer dengan lama tempuh sekitar 120 menit.

  1. Gambaran Umum Demografis
  2. Luas

Luas Wilayah Desa 1.626.848 m2 di Kecamatan Parengan.2

2.   Batas Desa

Sebelah Utara

Sebelah Timur

Sebelah Selatan

Sebelah Barat

: Desa Parangbatu, Kec. Parengan

: Desa Parangbatu, Kec. Parengan

: Desa Brangkal, Kec. Parengan

: Desa Kumpulrejo, Kec. Parengan

  1. Kondisi Ekonomi
  1. Potensi Unggulan Desa

Kegiatan ekonomi desa selama ini masih didominasi oleh sektor pertanian mengingat wilayah desa Cengkong 98 % persawahan yang merupakan lahan mata Pencaharian Masyarakat.  Namun dari pesatnya pertanian desa belum seutuhnya membuahkan hasil optimal. Ini disebabkan karena masih rendahnya pengetahuan dan kurangnya dana penunjang.

Tingkat pendapatan masyarakat belum seutuhnya mencukupi kebutuhan hidup karena harga barang tidak sebanding dengan penghasilan yang didapat mereka serta masih minimnya bekal ketrampilan, upah buruh yang masih kecil serta masih mahalnya barang -barang kebutuhan sembako. Keadaan tersebut tidak hanya terjadi di wilayah desa Cengkong namun wilayah lain juga keadaanya sama.

  1. Pertumbuhan ekonomi desa

Pertumbuhan perekonomian desa masih didominasi oleh sektor pertanian. Selain mengolah Pertanian Masyarakat ada juga yang memelihara ternak Sapi, Kambing dan Ikan. Dalam Data Profil Desa 2011 disebutkan bahwa ;

  • Potensi umum : Potensi sedang
  • Potensi sumberdaya alam : Potensi sedang
  • Potensi Sumber Daya Manusia : Potensi sedang
  • Potensi Kelembagaan : sedang
  • Potensi sarana dan prasarana : sedang

Demikian sekilas mengenai wilayah Desa Cengkong.(rn/ckng)

 



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus